Langsung ke konten utama

Cara Bermain Gateball

A.    Cara Bermain Gateball
Peralatan yang diperlukan dalam permainan olahraga Gateball terdiri dari :
1.      Lapangan Stick / Tongkat pemukul
2.      Bola,
3.      Gate/ gawang,
4.      Goal Pole,
5.      Dan beberapa perlengkapan lainnya.

1.      Lapangan :

Lapangan Gateball berbentuk 4 (empat) persegi panjang dengan ukuran garis dalam 15 x 20 meter atau 20 x 25 meter.Permukaan datar, bebas dari rintangan bisa dilakukan diatas permukaan tanah biasa, tanah berumput, atau rumput buatan/karpet di dalam Hall.Jarak garis dalam dan garis luar 1 meter sejajar dengan garis dalam.Sudut-sudutyang terbentuk oleh garis dalam (inside line) disebut sudut 1, 2, 3, dan 4. Sedangkan area start adalah 2 meter pada garis 4 yaitu dengan jarak 1 meter dari sudut 1 meter dari sudut 1 hingga meter ke-3 dari sudut 1 (lihat gambar)

http://4.bp.blogspot.com/-X8xAgdQPAv4/T1g_n5EGJaI/AAAAAAAAAXU/fQguihDVb0U/s400/Lapangan+Gateball.png


2.      Stick/Tongkat pemukul

http://3.bp.blogspot.com/-ucOrpLBqEuw/T1hAw5mty5I/AAAAAAAAAXc/7FIqAKzrOXI/s320/stick.png
Stick/tongkat pemukul berbentuk T terdiri dari batang dan kepala, tidak ada batasan berat. Kepalanya terbuat dari kayu, besi atau sejenisnya, dan berbentuk silinder dengan ukuran panjang antara 18-24 cm serta kedua permukaannya datar berdiameter 3,5 – 5 cm, sedangkan panjang batang stick sesuai kebutuhan, mulai dari 50 cm
3.      Bola
Bola yang dipergunakan untuk bermain terbuat dari bahan  Synthetic Residueberdiameter 7,5cm (toleransi 0,7mm), berat 230 gram (toleransi 10 gram) dengan permukaaan licin dan rata.
http://2.bp.blogspot.com/-f2osOkFb3CE/T1hRBWFL1TI/AAAAAAAAAXk/HtN4zXNcOv4/s1600/Bola.png
Jumlah bola yang digunakan 10  sepuluh) buah yaitu 5 (lima) bolamerah dan 5 (lima) bola putih. Bola merah bernomor ganjil, yaitu 1, 3, 5, 7, dan 9 ditulis dengan warna putih, sedangkan bola putih bernomor gelap yakni 2, 4, 6, 8, dan 10 ditulis dengan warna merah. Kesepuluh bola digambar pada permukaan luar bola dengan luas 5 cm di kedua sisi yang berlawanan.



4.      Gate/Gawang
http://1.bp.blogspot.com/-lRFkEaVompY/T1hRX-JhEGI/AAAAAAAAAXw/bnbmGEvzpDg/s200/Gawang.png

Di dalam lapangan terdapat 3 (tiga) buah gawang yang sama yaitu gawang pertama, kedua dan ketiga, dimana masing-masing gawang dipasang tegak lurus dari permukaan lapangan yang tingginya 20 cm dan lebar dalam 22 cm.
Gawang pertama ditempatkan paralel dengan garis start yang jaraknya dari garis 4 atau dari sudut 1 kearah sudut 2 yaitu 4 meter, dan titik tengah gawang ke garis pertama 2 meter. Sementara gawang kedua ditempatkan paralel dengan garis 1 dan 3 dengan jarak 12 meter bila dihitung dari garis 1 dan atau  kali panjang garis kedua, jarak titik tengah gawang dengan garis kedua sama 2 meter.
Sedangkan gawang ketiga ditempatkan parallel atau sejajar dengan garis ketiga tang jaraknya ½ dari panjang garis keempat dihitung dari sudut 4, jarak titk tengah gawang dengan garis 4 juga 2 m.

5.      Goal Pole

http://2.bp.blogspot.com/-5NgvwRj3HF0/T1hSEjDbvLI/AAAAAAAAAX4/nhlVfzXYcl0/s200/GP.png
Goal pole adalah sebuah besi yang berada tepat ditengah-tengah lapangan dengan tinggi 20 cm dari permukaan lapangan, berdiameter 2 cm dan merupakan sasaran terakhir setelah bola pemain melewati gawang ketiga.


Beberapa perlengkapan lainnya

http://1.bp.blogspot.com/-fWdj62uxlsw/T1hSotsuo9I/AAAAAAAAAYA/1sWHG46TTwI/s1600/Score+Digital.png

Beberapa perlengkapan lainnya yang digunakan sebagai pendukung permainan Gateball antara Time scoreTime score dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu pemain kapten maupun manajer untuk mengetahui hasil pertandingan dan waktu yang tersisa.


B.     ISTILAH DALAM PERMAINAN GATEBALL
Adapun beberapa istilah yang dipergunakan dalam permaianan gateball antara lain :
1.      Pukulan/Stroke
2.      Touch/Sentuhan
3.      Spark


1.      Pukulan
Pukulan (Stroke) adalah memukul langsung bolanya sendiri oleh pemain yang bersangkutan dengan stick.Pukulan ini menggunakan ujung dari kepala stick.

http://4.bp.blogspot.com/-hZdjynB7RVU/T1hT8Ps1I3I/AAAAAAAAAYI/PFevhUN_gAo/s320/Strike.png

Pukulan pertama kali dilakukan oleh si pemukul/pemain dengan memukul bolanya sendiri langsung mengarah ke gawang pertama.Kemudian si pemukul/pemain dapat melanjutkan permaianan apabila pukulan pertamanya dinyatakan masuk me-lewati gawang pertama dengan catatan setelah masuk, bola tidak keluar dari lapangan.
Kalau keluar lapangan setelah melewati  gawang per-tama, maka bola tersebut diangkat   ke areal start sambil menunggu giliran selanjutnya. Setiap pemain diberi waktu maksimum 10 detik setiap melakukan pukulan.Pukulan dinyatakan salah atau melanggar apabila seorang pemain mendorong bolanya dengan stick.
 Memukul bola 2 (dua) kali sentuhan atau memukul dengan bagian stick yang bukan permukaan ujung kepala stick.

2.      Touch/ Sentuhan
http://3.bp.blogspot.com/-N6fv5A1H7Lg/T1hWfB3FJYI/AAAAAAAAAYY/hI8OI8hyKVg/s200/touch.gif

Touch atau sentuhan adalah pergerakan bola yang dilakukan oleh pemukul atau pemain, dan mengenai bola lain serta bergerak oleh permainan yang layak dan benar dan berhenti di bagian dalam dari batas garis dalam. Dari hasil sentuhan yang benar ini si pemukul atau pemain diberi kesempatan untuk melakukan Spark terhadap 2(dua) bola atau lebih, apabila telah menyentuh bola lain lebih dari satu.
Pemain harus melakukan sparking terhadap bola yang telah disentuh satu persatu.urutan sparking tidak harus sesuai dengan bola yang telah disentuh. Apabila dalam suatu pukulan bola masuk dari arah depan gawang sekaligus terjadi touch, maka si pemukul/ pemain harus melakukan sparkingterlebih dahulu.

3.      Spark

http://1.bp.blogspot.com/-x-GNKsyfx5Q/T1hUjfbdFsI/AAAAAAAAAYQ/0M8CYhzxEhs/s200/Spark.png

Spark adalah suatu aktivitas yang berkesinambungan setelah terjadi sentuhan. Sparking dilakukan oleh pemaian dengan meletakan bola yang disentuh berdempetan dengan bolanya sendiri yang berada dibawah injakan dari salah satu kaki pemain.
Bola yang ditem-patkan berdempetan dibawah injakan kaki tersebut, kemudian bolanya sendiri dipukul dengan catatan bola si pemukul atau pemain tetap berada di bawah injakan kaki dan tidak terlepas.


Yang diperbolehkan dalam sparking:
1.      Si pemukul atau pemain boleh menginjak bola sendiri dan bola orang lain pada saat yang sama.
2.      Si pemukul boleh memegang bola orang sesaat akan melakukan sparking.
3.      Si pemukul boleh memutar kakinya atau injakkannya sendiri diatas bolanya sendiri sesudahdia menginjakkan kaki diatasnya.
4.      Si pemukul boleh menyentuh bolanya sendiri dengan tangannya sendiri pada waktu setting akan melakukan sparking.


C.    WAKTU PERMAINAN

                  Waktu pertandinagn dalam suatu permainan Gateball adalah 30 menit dan diakhiri oleh pemukul yang memegang bola putih atau gelap.Atau permainan dikatakan selesai atau berakhir apabila kelima bola dari salah satu warna bola dapat menyelesaikan atau menyentuh Goal Pole setelah melewati gawang ke tiga. Memukul bola dapat dilakukan dengan berbagai cara dan gaya.

            Namun cara memukul bola yang lebih baik adalah berdiri dan kaki dibuka kira-kira selebar bahu. Peganglah stick atau pemukul anda tepat didepan kedua kaki. Tempatkan bola didepan permukaan kepala stick. Meski anda diperbolehkan memegang stick dengan berbagai cara atau gaya, namun pada dasarnya lebih baik memegang stick seperti dalam gambar,  karena akan terbentuk suatu integrasi secara keseluruhan antara stick dan tangan si pemukul. Ayunan stick paralel dengan bahu anda seperti gerakan pendulum (bandul jam). Pada waktu mengayunkanstick, jaga agar kepala anda tidak bergerak, sesudah bola terpukul biarkan gerakan ayunan stick berlanjut kearah sasaran.

D.    STRATEGI /TAKTIK

Strategi atau taktik merupakan salah satu kunci kemenangan dalam permainan Gateball tanpa mengabaikan keahlian, kemampuan, dan keterampilan. Tidak perlu diragukan strategi atau taktik merupakan suatu keharusan untuk diketahui oleh setiap pemain terutama sang Kapten. Penggunaan atau penerapan strategi dilakukan sesuai dengan situasi, kondisi dan posisi bola di lapangan.

E.     NILAI

Setiap bola yang masuk gawangdari arah depan berhak mendapatkan nilai 1 (satu). Sedangkan bola yang menyentuh Goal Pole setelah melewati gawang III berhak dengan nilai 2(dua). Jadi satu bola berhak mempunyai nilai maksimum 5 (lima).

F.     PERATURAN

Peraturan permainan Gateball yang dipergunakan adalah peraturan internasional yang dikeluarkan World Gateball Union (WGU).
Sekilas penulis sampaikan beberapa peraturan dasar yang sering ditemui di lapangan :
1.      Pemain dilarang berada didalam lapangan, kecuali telah dipanggil oleh Wasit/Juri.
2.      Pemain dilarang menyentuh bola baik dalam keadaan diam amupu bergerak.
3.      Pemain dilarang melakukan pukulan lewat dari 10 (sepuluh) detik.
4.      Pemain dilarang mengganggu konsentrasi pemain lainnya yang sedang melakukan pukulan.
5.      Bola dinyatakan masuk gawang dan mendapatkan nilai apabila bola tersebut telah melewati gawang/gate secara utuh (Gate Pass) dan datangnya dari arah depan.
6.      Khusus untuk gawang 1, bila bola masuk gawang kemudian keluar dari lapangan maka bola tersebut dinyatakan tidak mendapatkan nilai (dikembalikan ke areal start).
7.      Bola yang dinyatakan masuk gawang 1 (pertama) akan mendapatkan nilai, dan langsung menyentuh bola lain, maka bola yang disentuh tidak boleh di Sparking, melainkan dikembalikan kembali ke tempat semula. Untuk selanjutnya boleh disentuh/dicari kembali.
8.      Pemain tidak boleh mengenai bola yang sama hingga dua kali berturut-turut dalam sekali giliran.
9.      Pemain tidak boleh melakukan sparking apabila bola yang disentuh maupun bola yang menyentuhnya keluar dari batas garis dalam lapangan dan atau telah mengenai goal pole (game) lebih dahulu.
10.  Bola yang datang dari arah belakang gawang baik dari dalam maupun luar lapangan berhenti dan berada di bawah gawang, kemudian disentuh bola lain hingga masuk gawang, dinyatakan tidak memperoleh nilai.
11.  Apabila pemain menyentuh bola lain, dan pada saat mengambil bola yang disentuh, salah satu bola baik yang tersentuh maupun yang menyentuh masih dalam keadaan bergerak, maka dinyatakan bersalah, tetapi bola yang bersangkutan tidak dikeluarkan dari lapangan.
12.  Bola masuk hasil sparking yang berada di bawah gawang tidak memperoleh nilai.
13.  Apabila saat melakukan sparking, bolanya sendiri terlepas dari injakan kakinya, dinyatakan salah dan bola tersebut ditaruh diluar lapangan, kemudian bola lainnya ditempatkan pada posisi semula saat melakukan sparking.
14.  Bola yang datang dari luar lapangan menyentuh gate atau masuk gawang tidak mendapatkan nilai, tapi pukulannya dianggap sah. Namun bila menyentuh bola lain dinyatakan bersalah dan bola yang menyentuh diletakkan di luar lapangan dengan jarak yang terdekat dari tempat kejadian. Sedangkan bola yang disentuh dikembalikan ke tempat semula.
15.  Bola yang mengenai bola lain dari arah belakang dengan melewati gawang dinyatakan sah tapi tidak mendapatkan nilai, hanya boleh melakukan sparking.
16.  Penempatan arah bola yang akan di-sparking dapat dilakukan beberapa kali, asalkan waktunya tidak lebih dari 10 detik.
17.  Apabila bola yang di-sparking tidak bergeser lebih dari 10 cm (jarak ukuran bola), maka bola sipemukul dinyatakan salah, kemudian diletakkan diluar lapangan dengan jarak yang terdekat dari kejadian.
18.  Apabila terjadi pengggantian pemain, maka pemain yang telah diganti tersebut tidak boleh main kembali saat game tersebut masing berlangsung.   
19.  Permainan dinyatakan berakhir apabila waktu telah mencapai 30 menit atau seluruh pemain dalam 1 regu telah menyelesaikan sampai goal pole/game dengan total niali 25. Kemudian pukulan diakhiri oleh pemain yang bernomor genap(bola putih).





Komentar

  1. Agen Judi MGMCASH88 Online Terbesar Dan Terpercaya Indonesia.
    Bergabunglah Bersama Kami Para Member Yang Setia Di MGMCASH88,
    Bagi Anda Yang Belum mempunyai ID , Silahkan Melakukan Registrasi (Daftar).

    Hanya 1 Rekening Anda Sudah Bisa Bermain Semua Game yang ada DI MGMcash88
    Ini adalah list game yang ada di MGMcash88 :

    - SBOBET BOLA
    - SBOBET CASINO
    - ION CASINO
    - MAXBET
    - TANGKAS 365
    - 368bet
    - SABUNG AYAM
    - CBO855
    Tersedia Game Baru kami Fish Hunter ( Tembak Ikan )

    PROMO BANDAR ONLINE MGMCASH88 :
    -Bonus Depo Bola 50%
    -Bonus Cashback Bola 5% - 10%
    -Bonus Depo Casino 3%
    -Bonus Rollingan Casino 0.7%
    -Bonus Referal Bola 3% MenangKalah teman
    -Bonus Referal Casino 1% MenangKalah teman

    Costumer Service 24 Jam Online :
    Pin BBM : 7B2Ec260

    Whatsapp atau nomor sms :
    +66615620266
    YM : mgmcash88

    BalasHapus
  2. Mainkan Slot Online, Togel Online, Fishing & Live Casino Hanya Di #NADA4D.
    Situs Judi Togel Dan Game Slot Online Terpercaya.

    *Minimal Betting Togel 500 Rupiah.
    Tersedia 10 Pasaran Togel Terkenal, seperti
    - Pasaran HK Siang
    - Pasaran SG Metro
    - Pasaran Sidney
    - Pasaran Malaysia
    - Pasaran Singapore
    - Pasaran Singapore 45
    - Pasaran Malaysia Siang
    - Pasaran Macau
    - Pasaran Qatar
    - Pasaran Hongkong

    * 5 Provider Slot Terbesar.
    - Pragmatic Play
    - Habanero
    - Spade Gaming
    - TopTrend Gaming
    - Joker Gaming

    * Live Casino
    - ION Casino
    - Pragmatic Play
    - Sexy Gaming
    - All Bet
    - IDN Live

    Dan Permainan Tembak Ikan Yang Sangat Menarik.

    *Tersedia Promo
    1. BONUS NEW MEMBER UP TO 30%.
    2. CASHBACK KEKALAHAN LIVE CASINO UP TO 10%.
    3. BONUS ROLLINGAN TEMBAK IKAN & SLOT GAMES 0.8% DIBAGIKAN SETIAP HARI SELASA.
    4. CASHBACK KEKALAHAN TOGEL UP TO 1%.
    5. PROMO FREEBET / FREECHIPS SETIAP BULANNYA.
    6. BONUS CASHBACK HARIAN 5%.
    7. EVENT BONUS DEPOSIT HARIAN 5.000 ( HANYA UNTUK PERMAINAN SLOT ) .

    Contact :
    Whatsapp : +62819-5885-3905
    Link : Nada4D . Online
    Link IP : 128 . 199 . 250 . 188

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Ketrampilan Dasar Bola Voli

BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). Nama permainan yang diciptakan diberi nama “volley ball” artinya kurang lebih mem-volibola pada pada tahun 1896, pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School. Dalam permainan bola voli terdapat teknik-teknik dasarnya. Teknik dasar merupakan salah satu faktor utama yang dapat mengukur tingkat kemahiran seseorang dalam bermain bola voli selain faktor kondisi fisik, mental seorang pemain dan penyusunan strategi. Oleh karena itu setiap pemain wajib mengetahui teknik-teknik dasar dan mempelajarinya. Jika di dalam sebuah tim semua pemain mempunyai teknik dasar yang baik. Hal ini dapat dipastikan bahwa tim tersebut mempunyai kekuatan dan kualitas tim yang bagus. Tujuan permainan bola voli adalah memperag

Hakikat Pendidikan Jasmani

PENDIDIKAN JASMANI             Hakikat Pendidikan Jasmani Pendidikan Jasmani adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional, dalam kerangka sistem pendidikan nasional (Kurikulum penjaskes 2004). Pendidikan jasmani merupakan pembelajaran yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, pengetahuan, perilaku hidup yang aktif dan sikap sportif melalui kegiatan jasmani yang dilaksanakan secara terencana, bertahap, dan berkelanjutan agar dapat meningkatkan sikap positif bagi diri sendiri sebagai pelaku dan menghargai manfaat aktivitas jasmani bagi peningkatan kualitas hidup sehat seseorang sehingga akan terbentuk jiwa sportif dan gaya hidup yang aktif (Depdiknas, 2004: 2). Menurut Eddy Suparman (2000:1) pendidikan jasmani dan kesehatan adalah mata pelajaran yang merupakan bagian dari pendidikan keseluruha