A. Cara Bermain Gateball
Peralatan
yang diperlukan dalam permainan olahraga Gateball terdiri dari :
1.
Lapangan Stick /
Tongkat pemukul
2.
Bola,
3.
Gate/ gawang,
4.
Goal Pole,
5.
Dan beberapa
perlengkapan lainnya.
1. Lapangan :
Lapangan Gateball
berbentuk 4 (empat) persegi panjang dengan ukuran garis dalam 15 x 20 meter
atau 20 x 25 meter.Permukaan datar, bebas dari rintangan bisa dilakukan diatas
permukaan tanah biasa, tanah berumput, atau rumput buatan/karpet di dalam
Hall.Jarak garis dalam dan garis luar 1 meter sejajar dengan garis
dalam.Sudut-sudutyang terbentuk oleh garis dalam (inside line) disebut sudut 1,
2, 3, dan 4. Sedangkan area start adalah 2 meter pada garis 4 yaitu dengan
jarak 1 meter dari sudut 1 meter dari sudut 1 hingga meter ke-3 dari sudut 1
(lihat gambar)
2. Stick/Tongkat pemukul
Stick/tongkat pemukul berbentuk T terdiri dari
batang dan kepala, tidak ada batasan berat. Kepalanya terbuat dari kayu,
besi atau sejenisnya, dan berbentuk silinder dengan ukuran panjang antara 18-24
cm serta kedua permukaannya datar berdiameter 3,5 – 5 cm, sedangkan panjang
batang stick sesuai kebutuhan, mulai dari 50 cm
3.
Bola
Bola yang dipergunakan untuk bermain terbuat
dari bahan Synthetic Residueberdiameter 7,5cm (toleransi 0,7mm),
berat 230 gram (toleransi 10 gram) dengan permukaaan licin dan rata.
Jumlah bola yang
digunakan 10 sepuluh) buah yaitu 5 (lima) bolamerah dan 5 (lima) bola
putih. Bola merah bernomor ganjil, yaitu 1, 3, 5, 7, dan 9 ditulis dengan warna
putih, sedangkan bola putih bernomor gelap yakni 2, 4, 6, 8, dan 10 ditulis
dengan warna merah. Kesepuluh bola digambar pada permukaan luar bola dengan
luas 5 cm di kedua sisi yang berlawanan.
4. Gate/Gawang
Di dalam lapangan
terdapat 3 (tiga) buah gawang yang sama yaitu gawang pertama, kedua dan ketiga,
dimana masing-masing gawang dipasang tegak lurus dari permukaan lapangan yang
tingginya 20 cm dan lebar dalam 22 cm.
Gawang pertama
ditempatkan paralel dengan garis start yang jaraknya dari garis 4 atau dari
sudut 1 kearah sudut 2 yaitu 4 meter, dan titik tengah gawang ke garis
pertama 2 meter. Sementara gawang kedua ditempatkan paralel dengan garis 1 dan
3 dengan jarak 12 meter bila dihitung dari garis 1 dan atau ⅗ kali panjang garis kedua, jarak titik tengah gawang dengan
garis kedua sama 2 meter.
Sedangkan gawang
ketiga ditempatkan parallel atau sejajar dengan garis ketiga tang jaraknya ½
dari panjang garis keempat dihitung dari sudut 4, jarak titk tengah gawang
dengan garis 4 juga 2 m.
5. Goal Pole
Goal pole adalah
sebuah besi yang berada tepat ditengah-tengah lapangan dengan tinggi 20 cm dari
permukaan lapangan, berdiameter 2 cm dan merupakan sasaran terakhir setelah
bola pemain melewati gawang ketiga.
Beberapa perlengkapan
lainnya
Beberapa perlengkapan
lainnya yang digunakan sebagai pendukung permainan Gateball antara Time
score. Time score dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu
pemain kapten maupun manajer untuk mengetahui hasil pertandingan dan waktu yang
tersisa.
B. ISTILAH DALAM
PERMAINAN GATEBALL
Adapun beberapa istilah yang dipergunakan
dalam permaianan gateball antara lain :
1.
Pukulan/Stroke
2.
Touch/Sentuhan
3.
Spark
1. Pukulan
Pukulan (Stroke)
adalah memukul langsung bolanya sendiri oleh pemain yang bersangkutan dengan
stick.Pukulan ini menggunakan ujung dari kepala stick.
Pukulan pertama kali
dilakukan oleh si pemukul/pemain dengan memukul bolanya sendiri langsung
mengarah ke gawang pertama.Kemudian si pemukul/pemain dapat melanjutkan
permaianan apabila pukulan pertamanya dinyatakan masuk me-lewati gawang pertama
dengan catatan setelah masuk, bola tidak keluar dari lapangan.
Kalau keluar lapangan
setelah melewati gawang per-tama, maka bola tersebut diangkat
ke areal start sambil menunggu giliran selanjutnya. Setiap pemain diberi waktu
maksimum 10 detik setiap melakukan pukulan.Pukulan dinyatakan salah atau
melanggar apabila seorang pemain mendorong bolanya dengan stick.
Memukul bola 2 (dua) kali sentuhan atau
memukul dengan bagian stick yang bukan permukaan ujung kepala stick.
2. Touch/ Sentuhan
Touch atau sentuhan
adalah pergerakan bola yang dilakukan oleh pemukul atau pemain, dan mengenai
bola lain serta bergerak oleh permainan yang layak dan benar dan berhenti di
bagian dalam dari batas garis dalam. Dari hasil sentuhan yang benar ini si pemukul
atau pemain diberi kesempatan untuk melakukan Spark terhadap
2(dua) bola atau lebih, apabila telah menyentuh bola lain lebih dari satu.
Pemain harus
melakukan sparking terhadap bola yang telah disentuh satu
persatu.urutan sparking tidak harus sesuai dengan bola yang
telah disentuh. Apabila dalam suatu pukulan bola masuk dari arah depan gawang
sekaligus terjadi touch, maka si pemukul/ pemain harus melakukan sparkingterlebih
dahulu.
3. Spark
Spark adalah suatu
aktivitas yang berkesinambungan setelah terjadi sentuhan. Sparking dilakukan
oleh pemaian dengan meletakan bola yang disentuh berdempetan dengan bolanya
sendiri yang berada dibawah injakan dari salah satu kaki pemain.
Bola yang ditem-patkan
berdempetan dibawah injakan kaki tersebut, kemudian bolanya sendiri dipukul
dengan catatan bola si pemukul atau pemain tetap berada di bawah injakan kaki
dan tidak terlepas.
Yang diperbolehkan dalam sparking:
1.
Si pemukul atau pemain
boleh menginjak bola sendiri dan bola orang lain pada saat yang sama.
2.
Si pemukul boleh
memegang bola orang sesaat akan melakukan sparking.
3.
Si pemukul boleh
memutar kakinya atau injakkannya sendiri diatas bolanya sendiri sesudahdia
menginjakkan kaki diatasnya.
4.
Si pemukul boleh
menyentuh bolanya sendiri dengan tangannya sendiri pada waktu setting akan
melakukan sparking.
C. WAKTU PERMAINAN
Waktu pertandinagn dalam suatu
permainan Gateball adalah 30 menit dan diakhiri oleh pemukul yang memegang bola
putih atau gelap.Atau permainan dikatakan selesai atau berakhir apabila kelima
bola dari salah satu warna bola dapat menyelesaikan atau menyentuh Goal Pole
setelah melewati gawang ke tiga. Memukul bola dapat dilakukan dengan berbagai
cara dan gaya.
Namun
cara memukul bola yang lebih baik adalah berdiri dan kaki dibuka kira-kira
selebar bahu. Peganglah stick atau pemukul anda tepat didepan kedua kaki.
Tempatkan bola didepan permukaan kepala stick. Meski anda diperbolehkan
memegang stick dengan berbagai cara atau gaya, namun pada dasarnya lebih baik
memegang stick seperti dalam gambar, karena akan terbentuk
suatu integrasi secara keseluruhan antara stick dan tangan si pemukul. Ayunan
stick paralel dengan bahu anda seperti gerakan pendulum (bandul jam). Pada
waktu mengayunkanstick, jaga agar kepala anda tidak bergerak, sesudah
bola terpukul biarkan gerakan ayunan stick berlanjut kearah
sasaran.
D. STRATEGI /TAKTIK
Strategi atau taktik
merupakan salah satu kunci kemenangan dalam permainan Gateball tanpa
mengabaikan keahlian, kemampuan, dan keterampilan. Tidak perlu diragukan
strategi atau taktik merupakan suatu keharusan untuk diketahui oleh setiap
pemain terutama sang Kapten. Penggunaan atau penerapan strategi dilakukan
sesuai dengan situasi, kondisi dan posisi bola di lapangan.
E. NILAI
Setiap bola yang masuk
gawangdari arah depan berhak mendapatkan nilai 1 (satu). Sedangkan bola yang
menyentuh Goal Pole setelah melewati gawang III berhak dengan nilai 2(dua).
Jadi satu bola berhak mempunyai nilai maksimum 5 (lima).
F. PERATURAN
Peraturan permainan
Gateball yang dipergunakan adalah peraturan internasional yang
dikeluarkan World Gateball Union (WGU).
Sekilas penulis sampaikan beberapa peraturan
dasar yang sering ditemui di lapangan :
1.
Pemain dilarang berada
didalam lapangan, kecuali telah dipanggil oleh Wasit/Juri.
2.
Pemain dilarang
menyentuh bola baik dalam keadaan diam amupu bergerak.
3.
Pemain dilarang
melakukan pukulan lewat dari 10 (sepuluh) detik.
4.
Pemain dilarang
mengganggu konsentrasi pemain lainnya yang sedang melakukan pukulan.
5.
Bola dinyatakan masuk
gawang dan mendapatkan nilai apabila bola tersebut telah melewati gawang/gate
secara utuh (Gate Pass) dan datangnya dari arah depan.
6.
Khusus untuk gawang 1,
bila bola masuk gawang kemudian keluar dari lapangan maka bola tersebut
dinyatakan tidak mendapatkan nilai (dikembalikan ke areal start).
7.
Bola yang dinyatakan
masuk gawang 1 (pertama) akan mendapatkan nilai, dan langsung menyentuh bola
lain, maka bola yang disentuh tidak boleh di Sparking, melainkan
dikembalikan kembali ke tempat semula. Untuk selanjutnya boleh disentuh/dicari
kembali.
8.
Pemain tidak boleh
mengenai bola yang sama hingga dua kali berturut-turut dalam sekali giliran.
9.
Pemain tidak boleh
melakukan sparking apabila bola yang disentuh maupun bola yang
menyentuhnya keluar dari batas garis dalam lapangan dan atau telah mengenai
goal pole (game) lebih dahulu.
10. Bola yang datang dari arah belakang gawang baik dari dalam
maupun luar lapangan berhenti dan berada di bawah gawang, kemudian disentuh
bola lain hingga masuk gawang, dinyatakan tidak memperoleh nilai.
11. Apabila pemain menyentuh bola lain, dan pada saat mengambil bola
yang disentuh, salah satu bola baik yang tersentuh maupun yang menyentuh masih
dalam keadaan bergerak, maka dinyatakan bersalah, tetapi bola yang bersangkutan
tidak dikeluarkan dari lapangan.
12. Bola masuk hasil sparking yang berada di bawah
gawang tidak memperoleh nilai.
13. Apabila saat melakukan sparking, bolanya sendiri terlepas dari
injakan kakinya, dinyatakan salah dan bola tersebut ditaruh diluar lapangan,
kemudian bola lainnya ditempatkan pada posisi semula saat melakukan sparking.
14. Bola yang datang dari luar lapangan menyentuh gate atau masuk
gawang tidak mendapatkan nilai, tapi pukulannya dianggap sah. Namun bila
menyentuh bola lain dinyatakan bersalah dan bola yang menyentuh diletakkan di
luar lapangan dengan jarak yang terdekat dari tempat kejadian. Sedangkan bola
yang disentuh dikembalikan ke tempat semula.
15. Bola yang mengenai bola lain dari arah belakang dengan melewati
gawang dinyatakan sah tapi tidak mendapatkan nilai, hanya boleh melakukan
sparking.
16. Penempatan arah bola yang akan di-sparking dapat
dilakukan beberapa kali, asalkan waktunya tidak lebih dari 10 detik.
17. Apabila bola yang di-sparking tidak bergeser lebih
dari 10 cm (jarak ukuran bola), maka bola sipemukul dinyatakan salah,
kemudian diletakkan diluar lapangan dengan jarak yang terdekat dari kejadian.
18. Apabila terjadi pengggantian pemain, maka pemain yang telah
diganti tersebut tidak boleh main kembali saat game tersebut masing berlangsung.
19. Permainan dinyatakan berakhir apabila waktu telah mencapai 30
menit atau seluruh pemain dalam 1 regu telah menyelesaikan sampai goal
pole/game dengan total niali 25. Kemudian pukulan diakhiri oleh pemain yang
bernomor genap(bola putih).
Agen Judi MGMCASH88 Online Terbesar Dan Terpercaya Indonesia.
BalasHapusBergabunglah Bersama Kami Para Member Yang Setia Di MGMCASH88,
Bagi Anda Yang Belum mempunyai ID , Silahkan Melakukan Registrasi (Daftar).
Hanya 1 Rekening Anda Sudah Bisa Bermain Semua Game yang ada DI MGMcash88
Ini adalah list game yang ada di MGMcash88 :
- SBOBET BOLA
- SBOBET CASINO
- ION CASINO
- MAXBET
- TANGKAS 365
- 368bet
- SABUNG AYAM
- CBO855
Tersedia Game Baru kami Fish Hunter ( Tembak Ikan )
PROMO BANDAR ONLINE MGMCASH88 :
-Bonus Depo Bola 50%
-Bonus Cashback Bola 5% - 10%
-Bonus Depo Casino 3%
-Bonus Rollingan Casino 0.7%
-Bonus Referal Bola 3% MenangKalah teman
-Bonus Referal Casino 1% MenangKalah teman
Costumer Service 24 Jam Online :
Pin BBM : 7B2Ec260
Whatsapp atau nomor sms :
+66615620266
YM : mgmcash88
Mainkan Slot Online, Togel Online, Fishing & Live Casino Hanya Di #NADA4D.
BalasHapusSitus Judi Togel Dan Game Slot Online Terpercaya.
*Minimal Betting Togel 500 Rupiah.
Tersedia 10 Pasaran Togel Terkenal, seperti
- Pasaran HK Siang
- Pasaran SG Metro
- Pasaran Sidney
- Pasaran Malaysia
- Pasaran Singapore
- Pasaran Singapore 45
- Pasaran Malaysia Siang
- Pasaran Macau
- Pasaran Qatar
- Pasaran Hongkong
* 5 Provider Slot Terbesar.
- Pragmatic Play
- Habanero
- Spade Gaming
- TopTrend Gaming
- Joker Gaming
* Live Casino
- ION Casino
- Pragmatic Play
- Sexy Gaming
- All Bet
- IDN Live
Dan Permainan Tembak Ikan Yang Sangat Menarik.
*Tersedia Promo
1. BONUS NEW MEMBER UP TO 30%.
2. CASHBACK KEKALAHAN LIVE CASINO UP TO 10%.
3. BONUS ROLLINGAN TEMBAK IKAN & SLOT GAMES 0.8% DIBAGIKAN SETIAP HARI SELASA.
4. CASHBACK KEKALAHAN TOGEL UP TO 1%.
5. PROMO FREEBET / FREECHIPS SETIAP BULANNYA.
6. BONUS CASHBACK HARIAN 5%.
7. EVENT BONUS DEPOSIT HARIAN 5.000 ( HANYA UNTUK PERMAINAN SLOT ) .
Contact :
Whatsapp : +62819-5885-3905
Link : Nada4D . Online
Link IP : 128 . 199 . 250 . 188