STRATEGI
DAN MODEL PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN
JASMANI
- Materi
Pembelajaran
Permainan
Tiga Jadi
- Metode
Pembelajaran
Pendekatan
Scientific
- Tujuan
Pembelajaran
a.
Melatih
konsentrasi peserta didik.
b.
Melatih daya
ingat peserta didik.
c.
Melatih kelincahan
peserta didik dalam penguasaan bola sepak.
- Langkah–langkah Kegiatan Pembelajaran
1) Kegiatan
Pendahuluan (5 menit)
-
Salah satu peserta didik memimpin doa.
-
Kemudian
presensi.
-
Memastikan
bahwa peserta didik dalam keadaan sehat dan dapat mengikuti pembelajaran dengan
baik.
-
Apersepsi :
Di dalam apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik mengenai
materi yang akan dipelajari pada pertemuan itu, yaitu tentang permainan Tiga Jadi.
-
Peserta didik diberi pengarahan
tentang teknik permainan.
-
Peserta didik melakukan permainan Tiga
Jadi dengan alokasi waktu 10 menit.
2) Kegiatan Inti (10 menit)
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Jasmani
Materi : Permainan
Tiga Jadi
Permainan
Tiga Jadi
Waktu
|
Kelompok
|
Bahan
|
10 menit
|
Dalam satu kelas terdiri dari 24 siswa. 24 siswa
akan dibagi menjadi 8 kelompok dan satu kelompok ada 3 siswa.
|
Bubuk kapur dan 6 buah bola plastik.
|
Permainan ini
dirancang untuk melatih konsentrasi, daya ingat serta kelincahan peserta didik.
Prosedur
a.
Permainan dilaksanakan pada lapangan rumput.
b.
Membuat pola persegi besar yang dibagi menjadi 3 pola persegi di dalamnya
menggunakan bubuk kapur.
c.
Satu kelompok terdiri dari 3 orang.
d.
Dalam satu permainan terdapat dua kelompok yang akan bermain dan para
pemain akan berbaris sesuai dengan urutan dengan masing-masing pemain membawa
satu bola sepak plastik.
e.
Lalu satu set permainan akan dilaksanakan selama 10 menit.
f.
Jarak pemain dengan pola persegi, yaitu sekitar 2 meter.
g.
Setiap pemain mempunyai kewajiban untuk membuat pola memanjang dengan
urut dengan menyusun bola.
h.
Sebelum menyusun bola secara memanjang, pemain pertama akan mendribble
bola sepak menuju pola persegi, lalu setelah pemain pertama sampai pada pola
pesegi maka pemain kedua mendapat giliran untuk mendribble bola sepak dan sama
halnya dengan pemain ketiga.
i.
Permainan berlaku sistem estafet.
j.
Setelah satu set permainan tiga jadi, maka permainan dimulai dari awal
namun siswa tetap di dalam pola persegi untuk mendribble bola sepak dengan
tujuan membentuk pola memanjang agar menjadi “tiga jadi” lagi.
k.
Permainan dilanjutkan berdasarkan urutan sewaktu mendribble, jadi jika
pemain pertama memindahkan bola pada pola persegi maka pemain pertama pada tim
lawan juga memindahkan bola.
l.
Namun, diperbolehkan untuk tim lawan mencegah agar tim lain tidak bisa
membentuk pola memanjang.
m.
Dalam waktu 10 menit, tim yang paling banyak menyusun pola memanjang akan
menjadi pemenangnya.
3)
Kegiatan Penutup (5 menit)
-
Peserta didik diinstruksikan
untuk berbaris dengan berbanjar
kemudian guru akan bertanya apakah yang
didapatkan dari permainan Lima Jadi. Pada intinya tujuan dari permainan Tiga
Jadi adalah untuk bersenang-senang dan refreshing.
-
Guru akan memberikan penjelasan tentang implementasi dari permainan Tiga
Jadi, yaitu agar peserta didik mampu bekerja sama dengan temannya; peserta
didik mampu menjalankan tanggung jawabnya, baik sebagai pemimpin ataupun
sebagai pemain; peserta didik mampu bermain dengan sportif; serta peserta didik
mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dari pembelajaran pendidikan jasmani.
-
Guru memberikan kesimpulan dan evaluasi dari pembelajaran yang telah
dilakukan yaitu permainan Tiga Jadi.
-
Salah
satu peserta didik memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran saat itu.
-
Setelah
berdoa peserta didik diarahkan untuk kembali ke kelas selanjutnya dengan tepat
waktu dan mengembalikan peralatan yang telah digunakan dengan rapi dan pada tempatnya.
Komentar
Posting Komentar